Tips Agar Bayi Mau Makan

Tips Agar Bayi Mau Makan - Untuk memperoleh pertumbuhan dan perkembangan yang baik dan seimbang, setiap manusia pasti tidak akan pernah lepas dari yang namanya makanan. Demikian pula halnya dengan bayi. Agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, hendaknya setiap bayi mendapatkan asupan makanan yang berkualitas dan seimbang. Namun, sayangnya banyak sekali terjadi kasus bayi susah makan padahal sang ibu sudah memberikan makanan yang enak dan bergizi tinggi. 
Tips Agar Bayi Mau Makan

Banyak hal yang bisa membuat bayi kita susah makan, diantaranya karena memang sang bayi tak benar-benar lapar, mulai punya selera terhadap rasa, sudah bosan dengan tekstur makanan yang halus dan campur aduk, atau mungkin si anak memang sedang sakit namun anda tidak mengetahuinya. Anda tidak perlu bingung lagi, di bawah ini saya selaku admin Tips Sehat Bayi akan menjelaskan beberapa tips agar bayi mau makan. 

Berikut Tips Agar Bayi Mau Makan

Langkah-langkah berikut ini semoga bisa membantu anda agar bayi mau makan lagi dengan lahap, diantaranya : 

1.  Mengenali Waktu Makan


Disadari atau tidak kadang-kadang si ibu terlalu memaksanakan anaknya untuk segera makan. Padahal saat itu si anak mungkin sedang belum mau makan. Harus disadari oleh si ibu, bahwa beberapa anak perlu waktu yang tepat untuk membangkitkan selera makan mereka. 

Jadi, mulai sekarang kenali waktu lapar anak anda dengan memberinya makanan ringan lebih dulu dan jangan langsung memberikan makanan yang berat. Karena dengan demikian kita akan tahu bahwa anak anda bener-bener sedang mau makan atau tidak. 

2.  Buat Suasana Menyenangkan


Seperti halnya orang dewasa selalu menginginkan makan di tempat yang nyaman dan suasana yang santai dan menyenangkan. Begitu pula halnya dengan bayi anda, buatlah suasana makan di rumah senyaman dan sesantai mungkin. Ajak anak anda makan di tempat yang disukainya. Lalu biarkan anak menghabiskan makanan sesuai keinginannya karena anak punya selera makan sendiri. 

3.  Ciptakan Suasana Tenang

Pada saat anak anda makan, usahakan jangan sampai dia terfokus pada sesuatu, contohnya televisi. Karena meskipun si anak tidak memperhatikan televisi tapi itu akan membuatnya bingung dan bisa menghilangkan selera makannya. Untuk mendukung ketenangan anak, berikan boneka atau mainannya dan biarkan dia makan bersama boneka atau mainan kesayangannya itu, dengan catatan dia tetap mau makan. Boneka dan mainan lainnya hanya untuk membuatnya diam saat makan, yang penting adalah tetap dia mau makan.

4.  Biar Lambat Asal Habis

Kebanyakan anak kadang makan dengan lambat. Kita pun kadang tidak sabar dan kesel dibuatnya. Kita beranggapan bahwa anak kita malas dan makannya main-main. Padahal sebenarnya, walau lambat asalkan habis itu yang baik bagi anak. Apalagi jika dia mulai belajar makan sendiri. Biarkan makanannya berantakan, berserakan di mana-mana. Sebagai ibu yang baik, hargailah bahwa itu adalah cara dia makan. Jadi, anda berikan waktu yang luang agar anak bisa menyelesaikan makannya.

5.   Biarkan Anak Memilih

Untuk meningkatkan selera makan anak, sekali-kali berikan kesempatan anak anda untuk memilih makanan yang diinginkannya, walaupun makanan yang dipilih oleh anak kurang mengandung gizi. Jadi, jangan menyajikan makanan pada anak-anak yang itu-itu saja, karena itu akan membuat anak menjadi bosan. 

6.  Menyiasati Makanan

Seorang anak biasanya menyukai sesuatu yang unik, lucu dan menarik. Oleh karena itu, buatlah makanan yang menarik perhatiannya. Misalnya, menaburi roti dengan meses warna-warni atau buatlah kue berbentuk binatang dan buah-buahan.

7.  Beri Banyak Pilihan

Satu hal yang kadang dilupakan oleh seorang ibu adalah selalu memberikan menu makanan yang sama pada anak. Hal ini akan membuat jenuh si anak. Oleh karena itu persiapkan variasi menu makanan yang penting mempunyai kualitas gizi yang sama. 

8.  Berantakan, Tak Soal

Umumnya anak lahap jika dibiarkan makan sendiri. Hasilnya memang akan berantakan. Tugas kita hanya perlu ada di sampingnya untuk mengontrol.

9.  Contoh Makan yang Baik

Dalam semua hal, anak akan memperhatikan tingkah laku orang tuanya. Begitu juga dalam hal makan. Dia berusaha mengikuti bagaimana cara orang tuanya makan. Oleh karena itu, tunjukan kepada anak anda cara makan yang baik, atau katakan pada anak anda bahwa anda sangat menyukai makanan tersebut dan biarkan anak anda melihat anda memakannya. Dengan begitu, anak anda juga nanti akan mengikutinya.

Demikian tips yang bisa kami berikan kepada anda agar bayi mau makan lagi dengan lahap. Semoga bermanfaat, selamat mencoba...

0 Response to "Tips Agar Bayi Mau Makan "

Posting Komentar