Tips Menambah Berat Badan Bayi

Tips menambah berat badan bayi – Secara umum, bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya, rata rata berat badan bayi yang baru lahir adalah berkisar antara 2500-4500 gram. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perbedaan berat badan bayi baru lahir, diantaranya adalah faktor genetik, kesehatan ibu selama kehamilan, dan nutrisi yang diberikan disaat dalam kandungan. Akan tetapi, anda jangan dulu terlalu cemas ketika berat badan bayi anda, yang terpenting adalah berat badan yang dapat dicapai setelah bayi lucu anda dilahirkan. Pada dasarnya berat badan bayi tercatat dalam grafik, salah satu grafik yang dapat menjadi panduan ibu adalah Kartu Menuju Sehat (KMS), dengan adanya grafik di dalam KMS akan membantu anda dalam acuan pertumbuhan normal bayi. Umumnya, pada bulan ke 4 bayi akan mengalami kenaikan berat badan dua kali lipat dari saat bayi anda dilahirkan.

Tips Menambah Berat Badan Bayi

Selain memerhatikan berat badan bayi, anda juga harus memperhatikan tinggi atau panjang bayi. Periksa lingkar kepala bayi anda untuk mengukur dan mengetahui ukuran tengkorak dan juga otak bayi dalam pertumbuhan yang normal, sehingga dokter dapat mendeteksi dini pertumbuhan abnormal pada bayi. 

Berikut Adalah Tips Menambah Berat Badan Bayi


Sebelum dijelaskan bagaimana tips untuk menaikkan berat badan bayi anda, sebaiknya kita selidiki dulu apa saja yang menyebabkan bati anda kurus. Berikut adalah beberapa penyebab bayi kurus :

  1. Kurang seimbangnya asupan nutrisi bayi, peranan ibu disini sangatlah besar dalam menentukan asupan nutrisi yang disesuaikan dengan kebutuhan gizi bayi anda. Selain itu, Anda juga disarankan untuk cermat dalam pemberian MPASI untuk bayi anda.
  2. Bayi anda telah memasuki masa pertumbuhan tinggi badan, sehingga gerak dan aktivitasnya yang aktif pada bayi yang berusia lebih dari 6 bulan akan menyebabkan berat badannya mengalami penurunan dalam jumlah yang wajar.
  3. Bayi anda sedang mengalami gangguan kesehatan, salah satunya yaitu gangguan pencernaan (penyerapan makanan) atau diare sehingga nafsu makannya berkurang, itu juga dapat mempengaruhi berat badan bayi.


Apabila berat badan bayi anda tergolong lamban mengalami perkembangan, berikut adalah tips untuk menaikkan berat badan bayi :

  1. Asupan ASI berkualitas. Pada bayi dibawah usia 6 bulan, cara satu satunya adalah dengan meningkatkan pemberian ASI yang berkualitas. Asi yang berkualitas dapat dihasilkan dari asupan makanan ibu menyusui, oleh karena itu, lengkapi kebutuhan nutrisi harian anda yang menyusui dan juga hindari tekanan yang membuat anda stres, sehingga mengurangi kualitas dan kuantitas ASI.
  2. Jadwalkan Pemberian MPASI. Pada umumnya pada usia bayi anda memasuki 6 bulan ke atas, bayi anda akan mengurangi minum ASI dan mulai diperkenalkan dengan MPASI. Oleh sebab itu, asupan nutrisi lain sudah didapatkan juga dari MPASI tersebut.  Maka, atur dan jadwalkan pemberian MPASI sebanyak 2-3 kali dalam sehari dengan porsi yang disesuaikan dengan usia bayi anda, hal terpenting dalam pemberian MPASI adalah kandungan gizi, terutama kalori anda dapat menambahkan minyak sayur atau keju ke dalam MPASI agar lebih menarik dan variatif.
  3. Komposisi MPASI yang tepat. Apabila ingin menaikan berat badan bayi anda, sebaiknya anda memperhatikan jenis bahan MPASI untuk bayi anda. Anda dapat membuat MPASI dengan komposisi karbohidrat dan lauk dan sayur yang sebanding (50:50), misalnya nasi tim 4 sdm ditambah dengan 2 sdm lauk dan 2 sdm sayuran. Anda dapat memberikan cemilan sehat, dua kali sehari yaitu pada menjelang siang dan sore hari.


Demikian tips bayi sehat tentang menambah berat badan bayi anda, semoga bermanfaat..Untuk bayi anda yang kebetulan terlahir dengan prematur, sebaiknya anda membaca juga artikel sebelumnya, tips cara merawat bayi prematur.

0 Response to "Tips Menambah Berat Badan Bayi "

Posting Komentar