Tips makanan sehat untuk bayi 6 bulan

Tips makanan sehat untuk bayi 6 bulan  - Kehadiran si kecil dalam kehidupan anda sudah tentu akan menambah kebahagiaan dalam keluarga anda. Begitu juga, merawat si kecil menjadi prioritas utama anda dalam rangka memberikan asupan gizi penunjang dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya. Pemberian makanan yang mengandung nutrisi dan gizi yang seimbang akan memberikan pengaruh yang baik pagi perkembangan si kecil. 

Tips makanan sehat untuk bayi 6 bulan

Ketika usia si kecil sudah menginjak usia 6 bulan, orang tua seharusnya memahami bahwa refleks mengunyah dan fungsi organ pencernaan si kecil sudah mulai berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, makanan pendamping ASI sangat diperlukan. 

Berikut adalah tips makanan sehat untuk bayi 6 bulan


Berikut ini adalah beberapa tips makanan sehat untuk bayi yna berusia 6 bulan : 

1. Membuat menu makanan tambahan dari brokoli.

Bahan-bahan :

75gram fillet ikan salmon
15 gram Butter
50 gram brokoli
15 gram tepung
200 ml susu
20 gram keju gruyere
2 sendok makan keju parmesan
2 sendok makan mascarpone

Cara Membuatnya :

Taruhlah ikan salmon di atas piring kemudian lumuri dengan butter. Setelah itu, tutuplah dengan alumunium foil, berikan sedikit lubang untuk ventilasi sirkulasi udara. Langkah berikutnya adalah simpan microwave selama kurang lebih satu setengah jam. kemudian kukus brokoli selama kurang lebih sampai 4 menit.

Langkah untuk membuat saus keju:

Langkah selanjutnya adalah membuat saus keju. Pertama-tama aduk tepung dan masak hingga satu menit. Perlahan-lahan tuang susu kedalam adonan, lalu aduk kembali dengan api kecil selama kurang lebih 3 menit samapai saus mengental. Setelah itu apinya dimatikan, aduk keju gruyere dan keju parmesan sampai meleleh, lalu aduk bersama dengan mascarpone. Langakah terakhir, haluskan ikan salmon, lalu potong brokoli dengan potongan kecil-kecil, aduk ke dalam saus keju, dan siap disajikan.

2. Membuat menu tambahan dari Pure Pisang dan Tahu.

Tahu adalah makanan yang sangat familier di masyarakat. Tahu, selain makanan yang lezat dan bergizi sangat baik selain dikonsumsi oleh orang dewasa, juga sangat baik dikonsumsi oleh bayi anda. 

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

1 buah pisang berukuran kecil
50 gram (3 ons) tahu (pilihlah tahu jenis soft tahu, yang lembut untuk dikonsumsi bayi)
Cara Membuatnya :
Kupas terlebih dahulu dan haluskan buah pisang, lalu campurkan dengan tahu yang sudah matang. Setelah itu, lumatkan hingga menjadi pure. Buah pisang ini bisa anda tambah dengan buah lain seperti buah persik, buah mangga dan buah aprikot.

3. Membuat menu tambahan dari pure bubur kentang.

Bahan-bahan:
– 250 gram kentang
– Kaldu ayam/sapi secukupnya.
Cara Membuatnya :
1. Cucilah kentang hingga bersih, lalu rebus sampai matang, kemudian kupas dan haluskan.
2. Campurkan dengan kaldu ayam/sapi, kekentalan sesuai kebutuhan.

Itulah beberapa tips makanan sehat untuk bayi 6 bulan yang telah tips sehat bayi berikan untuk anda coba di rumah.Apabila anda ingin mengetahui apa yang harus dilakukan ketika bayi anda masih dalam kandungan, sebaiknya baca juga Tips Saat Posisi Bayi Dalam Kandungan.

0 Response to "Tips makanan sehat untuk bayi 6 bulan"

Posting Komentar