Tips Cara Merawat Bayi Prematur

Tips Cara Merawat Bayi Prematur – Bayi yang terlahir dengan prematur memerlukan perawatan khusus yang dan lebih seksama dibandingkan dengan bayi yang terlahir normal. Untuk perkembangan optimal bayi prematur, ciptakanlah suasana seperti di dalam rahim.

Tips Cara Merawat Bayi Prematur

Berikut Adalah Tips Cara Merawat Bayi Prematur

Ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh ibu untuk merawat bayi prematur, diantaranya :

  • Posisi tidur. Buatlah semacam ‘sarang’ di atas tempat bayi tidur bayi anda dari gulungan handuk tebal yang dibentuk menyerupai huruf U. letakkan bayi dalam ‘sarang itu dalam posisi seperti di dalam rahim, yakni letakkan kedua tangan dan tungkai tertekuk, serta tangan berada sedekat mungkin dengan garis tengah dan mulut. 


  • Pegang bayi dengan benar, selanjutnya adalah secara perlahan dan tidak membuatnya merasa tersentak. Ketika mengangkat bayi, pegang juga kedua lengannya sedekat mungkin dengan garus tengah. Fungsinya adalah selain menopang leher bayi juga akan menopang lehernya yang masih sangat lemah. Atau, anda juga bisa menggendong bayi anda dalam keadaan dibedong.


  • Lampu redup saat menyusu dan tidur, maksudnya adalah agar bayi anda akan tertidur lebih lama. Selain itu, keadaan lampu redup saat menyusu dan tidur koordinasi bernapas dan menelan anak anda akan lebih baik, dan kenaikan berat badan lebih tinggi. Bila cahaya terlalu terang, bayi akan menutup mata sehingga rangsang penglihatannya kurang baik. Untuk menciptakan suasana redup, tutup sebagian atas boks bayi dengan kain gelap sehingga mirip tenda terbuka.


  • Tak boleh lelah. Usahakan jangan terlalu banyak melakukan aktivitas yang berturut-turut. Misalnya ganti popok, memakai baju dan menyusuinya, sehingga bayi anda tidak merasa kelelahan. Diantara tanda bayi anda merasa kelelahan adalah hilangnya kontak mata, tangan seperti menolak, si bayi tampak kelihatan mengantuk, menguap berlebihan, badan menjadi kaku dan rewel.


  • Bebas kebisingan. Usahakan jangan ada kebisingan di dekat bayi. Lakukan pembicaraan secara pelan-pelan atau jika ingin menutup pintu lakukan secara perlahan ketika bayi anda sedang tidur. Bayi anda perlu cukup tidur yang berkualitas agar bisa memacu pertumbuhan dan perkembamnga seluruh jaringan sel tubuhnya terutama perkembangan sel otak si kecil yang optimal. 

  • Perawatan metode kanguru. Melakukan gendongan dengan metode kangguru disini berfungsi Untuk mempertahankan dan menjaga keseimbangan suhu tubuh bayi, menstabilkan denyut jantung dan napas, membuat tidur lebih banyak, jarang menangis, meningkatkan produksi ASI dan bonding. Ini dianjurkan terutama untuk bayi yang lahir dengan ukuran berat di bawah 2500 gram.


  • Lakukan stimulasi. Berikan stimulus kepada bayi anda, baik dengan sentuhan suara, dan penglihatan. Hangatkan telapak tangan Anda saat memegang bayi. Letakkan jari telunjuk anda dalam genggamannya. Bayi suaka suara ibunya, oleh karena itu, ajaklah dia berbicara ketika menyusu atau sebelum mengantuk. Dengarkan musik bila bayi bangun atau gelisah dengan volume suara lembut tidak terlalu keras. Usahakan juga saat anda berbicara dengan bayi, jarak wajah Anda 20-30 cm di hadapannya.


Itulah yang bisa tips bayi sehat bagikan hari ini semoga bermanfaat, terutama untuk merawat bayi anda yang terlahir prematur.Untuk anda yang bingung mencari tips membeli susu formula untuk bayi, anda bisa melihat di artikel sebelmnya, Tips Membeli Susu Formula Untuk Bayi.


0 Response to "Tips Cara Merawat Bayi Prematur"

Posting Komentar