Tips Agar Bayi Lahir Normal

Tips Agar Bayi Lahir Normal - Melahirkan secara normal adalah dambaan setiap para ibu yang sedang menjalani masa kehamilan. Selain itu, melahirkan normal juga merupakan proses melahirkan yang disarankan oleh dunia medis. Karena dengan menjalani melahirkan secara normal, itu menjadi sebuah tanda bahwa kehamilan seorang ibu itu termasuk kategori baik. Pengalaman menjadi seorang ibu rasanya akan terasa kurang sempurna apabila belum merasakan bagaimana perjuangan berat yang harus di lalui saat melewati proses persalinan normal. 

Tips Agar Bayi Lahir Normal

Namun dibalik semua itu, kebanyakanan para ibu hamil merasakan kekhawatiran atau ketakutan menjelang melahirkan. Nah, untuk menghindari hal seperti ini, Tips Sehat Bayi akan memberikan solusinya.Silahkan anda simak dibawah ini.  

Berikut Tips Agar Bayi Lahir Normal


Berikut adalah tips yang bisa anda pelajari agar bayi lahir secara normal :

1.  Mengikuti kelas ibu hamil

Kelas ibu hamil adalah sekelompok belajar untuk kesehatan ibu hamil, berbagai macam keluhan selama proses kehamilan dan perawatan yang dilakukan selama kehamilan, persalinan dan juga pasca persalinan yang berhubungan dengan perawatan dibahas bahkan sampai pada pemilihan kontrasepsi. Berbagi pengalaman selama kehamilan dengan ibu hamil lainnya brtujuan agar anda lebih tenang dalam menjalani persalinan kelak.

2.  Memilih penyedia layanan kesehatan untuk kelahiran normal

Banyak penyedia layanan kesehatan yang dapat membantu anda untuk melahirkan secara normal. Anda juga dapat berkonsultasi mengenai persalinan anda dan meminta rekomendasi pada keluarga dan rekan untuk memilih penyedia layanan kesehatan yang terbaik. Penyedia layanan kesehatan seperti bidan, dokter ahli kebidanan dan kandungan, dokter ahli fetomaternal.

3.  Mengatur kenaikan berat badan selama kehamilan

Berat badan ibu hamil harus diperhatikan karena sangat erat hubungnnya dengan asupan nutrisi yang dibutuhkan selama pertumbuhan janin. Kenaikan berat badan pada trimester pertama relatif rendah, kenaikan yang cukup pesat terlihat pada usia kehamilan memasuki trimester kedua dan ketiga. Selama kehamilan kenaikan berat badan berkisar 12-15 kg. Kenaikan berat badan yang terlalu tinggi akan menyulitkan anda dalam proses persalinan normal.

4.  Mempersiapkan posisi yang mendukung kelahiran normal

Posisi yang mendukung kelahiran normal juga harus dipersiapkan sebaik mungkin dengan tujuan agar memudahkan proses kelahiran bayi dari rahim. Posisi yang paling banyak dilakukan adalah melakukan sujud dengan posisi ini memungkin adanya gerakan yang membantu proses persalinan dengan normal. Selain itu pergerakan ibu hamil seperti naik turun tangga sangat disarankan untuk mendapatkan persalinan normal walaupun demikian anda harus dapat mengatur intensitas, tidak boleh terlalu sering karena akan berpengaruh tidak baik juga bagi janin anda.

5.  Energi ekstra untuk mendukung persalinan normal

Untuk persalinan normal anda akan membutuhkan tenaga dan energi yang ekstra. Untuk itu konsultasi dengan penyedia layanan kesehatan ibu hamil sangat penting dalam menyediakan kebutuhan energi menghadapi kelahiran normal

6.  Membuat diri anda rileks

Terakhir dalam mempersiapkan persalinan normal anda, siapkan diri dan mental anda sebaik mungkin. Berikan kenyamanan pada diri anda. Berendam di kolam renang, mengompres menggunakan air panas adalah alat alam yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan membantu anda bersantai. Selain itu juga anda dapat mendapatkan ketenangan diri dengan cara mengatur pernafasan, bermeditasi, berjalan kaki, mengubah posisi, mendapatkan pijat dan mendengarkan musik.

Demikian tips agar bayi lahir normal, mudah2an bermanfaat. Apabila kebetulan bayi anda sudah lahir dan mengalami kesulitan dalam makan, silahkan anda bisa membaca di artikel sebelumnya yang berjudul Tips Agar Bayi Mau Makan.

0 Response to "Tips Agar Bayi Lahir Normal"

Posting Komentar