Tips Membeli Susu Formula Untuk Bayi

Tips Membeli Susu Formula Untuk Bayi - Susu adalah sumber makanan utama bagi bayi. Karena kandungan vitamin D dan kalsium di dalamnya membantu membangun kekuatan tulang. Sarapan susu di pagi hari dapat membantu bayi anda mendapatkan nutrisi yang mereka perlukan untuk melewati berbagai kegiatan setiap hari.

Tips Membeli Susu Formula Untuk Bayi

Apabila anak anda sudah berusia 1 tahun, maka Air Susu Ibu (ASI) itu hanya memenuhi 30% kebutuhan gizi mereka. Makanan utama anak kini beralih kepada makanan padat.  Setelah usia setahun, susu hanya merupakan makanan tambahan . Oleh karena itu, ibu perlu mencermati pilihan susu untuk bayi agar manfaatnya optimal.  Para peneliti menilai, bahwa anak-anak yang terbiasa mengonsumsi susu semenjak dini akan membawa kebiasaan sehatnya ini sampai usia tua. Fungsi vitamin D yang terkandung dalam susu juga membantu tubuh bayi dan perkembangan tulangnya. Vitamin D juga dapat membantu mencegah penyakit autoimun, pernapasan dan kardiovaskular. Sebenarnya, tubuh juga memproduksi vitamin D secara alami namun harus terpapar dulu sinar matahari. Itulah kiranya mengapa bayi baru lahir harus sering dijemur. Sementara zat besi (Fe) dibutuhkan untuk perkembangan otak si kecil. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia dan dapat mengganggu pengembangan keterampilan fisik dan mental anak.

Berikut Adalah Tips Membeli Susu Formula Untuk Bayi

Lalu, bagaimana supaya Ibu tidak salah dalam memilih formula untuk sang bayi? Cara untuk memilih susu formula yang tepat untuk para bayi diantaranya adalah sbb :

1.   Pilih yang mengandung zat besi Zat besi (Fe)

Zat Besi merupakan salah satu mineral penting bagi tubuh bayi anda. Zat besi diperlukan tubuh bahkan sejak seseorang masih ada di dalam kandungan. Zat besi berfungsi untuk pembentukan Hemoglobin yang akan membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk otak. Pada anak-anak, zat besi akan menjamin asupan oksigen ke darah yang juga akan memastikan anak selalu berenergi dan penuh konsentrasi.

2.   Utamakan gizinya 

Biasanya pada kemasan susu sudah tertulis kandungan yang terdapat dalam susu tersebut. Susu yang baik bukan susu yang berharga mahal namun pilihlah susu yang memiliki nutrisi yang lengkap. Untuk itu, Anda disarankan melihat label nutrisi dahulu sebelum membeli susu formula.

3.    Sesuaikan dengan usianya 

Pastikan juga Anda memilih susu formula yang sesuai dengan usia si anak. Jika tidak, maka justru akan melahirkan masalah bagi pencernaan bayi.

4.   Lihat tanggal kadaluwarsanya 

Hal paling penting juga yang harus ibu lakukan dalam membeli susu adalah melihat tanggal kadaluwarsanya. Hindari membeli susu yang tanggal kadaluwarsanya sudah dekat.

5.    Lihat kemasannya 

Pilihlah susu formula yang kemasannya terlihat baik. Apabila segel atau kemasan sudah terlihat dalam kondisi rusak, maka susu tidak terjamin kualitasnya. 

Itulah cara cerdas memilih susu formula untuk bayi. Apabila si bayi diare, muntah, atau tidak bisa buang air besar selama meminum susu formula, maka disarankan ibu segeralah konsultasi dengan dokter untuk mengetahui jenis susu seperti apa yang cocok untuk si anak.

Demikian yang bisa tips sehat bayi sampaikan, semoga bisa bermanfaat untuk para ibu khususnya yang sedang mencari tips membeli susu formula terbaik untuk si buah hati.Untuk  ibu yang ingin mengetahui tips makanan yang sehat untuk si kecil, bisa melihat artikel sebelumnya Tips Makanan Sehat Untuk Bayi.

0 Response to "Tips Membeli Susu Formula Untuk Bayi"

Posting Komentar