Tips Cara Merawat Bayi Baru Lahir

Tips Cara Merawat Bayi Baru Lahir – Bukan hal mudah bagi seorang ibu ketika merawat bayi baru lahir, apalagi apabila Anda baru saja menjadi seorang ibu, sering timbul banyak pertanyaan. Misalnya berapa kali bayi anda harus di mandikan dalam sehari? Kenapa bokong bayi sering terlihat berwarna merah? Apakah kita perlu membersihkan lidah bayi? Dan lain-lain. Nah, apabila Anda mengalami hal serupa, maka artikel dibawah ini penting untuk Anda baca.

Tips Cara Merawat Bayi Baru Lahir

Nah, apabila Anda mengalami hal serupa, maka artikel dibawah ini penting untuk Anda baca. Karena tips sehat bayi kali ini akan mengupas habis tentang tips cara merawat bayi yang baru lahir.

Berikut Adalah Tips Cara Merawat Bayi Baru Lahir


Merawat bayi baru lahir bukanlah perkara mudah. Bayi baru lahir harus mendapatkan perlakukan yang ekstra dari Anda agar ia bisa tumbuh sehat dan cerdas. Nah, perlakuan istimewa apakah yang bisa Anda lakukan pada bayi baru lahir? simak tips berikut ini :

Berikan ASI untuk makanan utama bayi baru lahir

ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi baru lahir, karena ASI mengandung berbagai macam zat-zat dan nutrisi yang sangat komplit untuk keperluan si kecil

Menjaga kebersihan badan, pakaian, dan tempat tidur bayi.

Menjaga kebersihan badan bisa dilakukan dengan cara memandikan atau menyeka bayi dua kali sehari. Gunakan produk-produk khusus bayi yang aman, dari mulai sabun mandi, shampo, bedak, dan tissue basah. Untuk pakaian, pastikan dicuci terlebih dahulu sebelum dipakai.  

Merawat tali pusat bayi baru lahir.

Tali pusar bayi akan terlepas dengan sendirinya dalam waktu 4 hari, akan tetapi pada kondisi tertentu lepasnya tali pusat bisa lebih lama, yakni 1 bulan. Berikut ini cara merawat tali pusat bayi :
  1. Pastikan tali pusat dan daerah sekitarnya selalu kering dan higienis, agar terhindar dari infeksi dan jamur.
  2. Hindarkan tali pusat dari kotoran bayi maupun air kencingnya.
  3. Berikan perhatian khusus untuk tali pusat dengan cara mensterilkan tali pusat dengan kasa yang dibasahi alkohol 70% dari pangkal ke bagian ujungnya, kemudian bungkus dengan kasa yang dibasahi alkohol dengan rapi. Lakukan ini hingga tali pusat sudah kering dan lepas dengan sendirinya.

Kosmetik Bayi.

Ada banyak kosmetik bayi yang bisa anda gunakan, ada baby bath,  baby shampoo, baby oil,  baby lotion, baby powder, baby cream,  baby cologne dan hair lotion. Sebenarnya tidak semuanya dibutuhkan  oleh bayi, jadi bijaksanalah dalam memilih. 

Jaga kehangatan tubuh bayi.

Bayi yang baru lahir utamanya harus selalu kondisi hangat, karena ia masih berada dalam masa penyesuaian. Anda bisa memakaikan bedong bayi, sarung tangan dan kaki, serta topi untuk menjaga kehangatan padanya. 

Perhatikan kuku bayi baru lahir.

Kuku bayi baru lahir memang masih lembut dan tipis, maka ibu harus pandai merawatnya. Alangkah baiknya Anda memotong kuku bayi dengan alat pemotong khusus untuk bayi.

Perhatikan pakaian dan popok bayi.

Apabila pakaian bayi anda kotor atau lembab, segeralah menggantinya. Segera bersihkan daerah bokong dan kemaluan bayi setelah BAB atau BAK.

Kegiatan yang Dibenci Bayi.

Ada beberapa kegiatan yang tidak disukai bayi, diantaranya lepas-pakai baju,  mandi,  keramas, dll. Bisa-bisa bayi anda akan mengamuk! Maka solusinya adalaj lakukan kegiatan ini dengan cepat, namun tetap hati-hati. Alihkan perhatian bayi dengan mengajaknya bercakap-cakap, memberi pelukan dan ciuman.

Ritual Tidur.

Total waktu tidur bayi baru adalah 16 jam sehari. Setelah usia 5 minggu, barulah bayi memiliki pola tidur tetap, yaitu tidur lebih awal di malam hari  dan terbangun 2 – 3 kali di tengah malam. Gunakanlah produk bayi yang harumnya menenangkan, namun aman dan teruji secara klinis - Clinically Proven Mild (CMP).

Mainan Bayi.

Mainan sangat penting bayi si kecil. Fungsi mainan bukan cuma menghibur tetapi juga mengenalkan bayi  pada berbagai bentuk dan melatih otot matanya agar lebih terfokus. Namun, berikan mainan yang memang benar-benar aman bagi keselamatan bayi anda.

Kenali Penyakit Bayi Baru Lahir.

Seorang ibu diharapkan cermat dan cepat tanggap dengan situasi si bayi. Kolik, ruam popok, hidung mampet, infeksi mata, lidah berjamur dan demam pasca imunisasi adalah beberapa penyakit langganan bayi baru lahir. 

Orang-orang di Sekitar Bayi. 

Perlakukan bayi sewajarnya. Maksudnya adalah jika terlalu banyak orang yang menggendong dan mengajak bercanda,  jika sedikit-sedikit pakaiannya diganti, sedikit-sedikit  diberi maka, maka  bayi anda bisa stres juga. 

Lingkungan yang Nyaman.

Lingkungan yang aman bagi bayi sangat penting. Usahakan lingkungan bayi tidak terlalu ramai atau berisik,  terlalu dingin (kurang dari 20 derajat Celcius) atau terlalu panas (lebih dari  31 derajat Celcius).   

Demikian informasi tentang tips merawat bayi yang baru lahir, semoga bermanfaat bagi Anda semua. Untuk anda yang masih bingung bagaimana cara memandikan bayi, anda bisa membaca artikel sebelumnya cara memandikan bayi yang baru lahir.

0 Response to "Tips Cara Merawat Bayi Baru Lahir "

Posting Komentar